Keep Our Culture

Published 28 Mei 2014 by yulianaputrisari

Pendidikan Kebudayaan di Indonesia

Keep Our Culture

Yuliana Putri Sari

Prodi Matematika

 

Budaya merupakan warisan leluhur yang payut kita lestarikan. Di Indonesia terdapat berbagai ragam kebudayaan. Terbayang atau tidak, kini Indonesia telah kehilangan ± 21 aset budaya kebanggaan.

Mungkin budaya daerah Sumenep tidak tercantum dalam sederet asset budaya Indonesia yang di klam oleh negara tetangga. Namun, kita sebagai pemuda pewaris budaya leluhur oatut belajar dari pengalamn agar kecerobohan itu tidak terulang lagi.. melindungi dan melestaikan budaya suatu kewajiban dan tanggung jawab bagi kita.

Di samping menjaga dan melestrikan budaya, rasa memiliki dan bangga terhadap budaya sendiri sangatlah signifikan dalam mempertahankan budaya. Dalam melindungi dan melestarikan budaya haruslah benar-benar tertanam jiwa nasionalis pada setiap generasi, sebab dengan hal ini kita tidak cepat terpengaruh oleh paham lain. Di sisi lain partisipasi masyarakat sangatlah diperlukan dalam memperkuat berdirinya suatu budaya di Indonesia, karena dengan generasi yang peduli terhadap bangsa maka otomatis peduli terhadap keselamatan budaya.

Kita sebagai generasi muda haruslah peka terhadap masalah yang sekecil apapun. Dan sudah saatnya kita bergerak dan merespon terhadap masalah yang mengancam posisi budaya. Oleh karen itu, kita harus ciptakan generasi yang berlandaskan nasionalis yaitu cinta terhadap budaya leluhur. Dan jadikan budaya sebagai suatu kebanggaan bersama yang akan selalu kita miliki dan kita lestarikan hingga ciptakan generasi Keep Our Culture.

Tinggalkan komentar